Langsung ke konten utama

Eksistensi Arang Batok Kelapa


Eksistensi Arang Batok Kelapa


Sumber : https://kumparan.com/dicky-adam-sidiq/eksistensi-arang-batok-kelapa
Batok atau tempurung kelapa kerap kali dibuang begitu saja di pasar-pasar tradisional. Padahal, batok kelapa bisa sebagai bahan baku mentah untuk diolah menjadi arang. Produk arang batok kelapa sebagai bahan baku setengah jadi itu pun dapat diolah lagi menjadi produk arang yang inovatif.
Produk arang tempurung kelapa (coconut shell briquette charcoal) dapat diproduksi sesuai kebutuhan pasar dan menjadi produk ekspor unggulan. Pengolahan tempurung kelapa menjadi arang dilakukan dengan cara pemilahan bahan baku, pemisahan batok dengan serabut, penjemuran,pembakaran.
Arang batok kelapa mungkin yang kita ketahui hanya sebagai pembakaran seperti sate, daging, memanaskan makanan. Namun, banyak sekali manfaat dari arang batok kelapa ini, selain menjadi arang, penjernih air, briket, bahkan bisa digunakan sebagai bahan baku kosmetik.
Potensi pasar ekspor produk arang tempurung masih besar. Di Eropa, arang tempurung dibutuhkan untuk memanggang daging (barbecue). Di Timteng, arang tempurung lebih banyak digunakan untuk ”merokok” atau shisha. Sementara itu, di Asia, seperti Jepang dan Korea Selatan, arang tempurung digunakan untuk keperluan memasak di restoran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 macam Produk Unggulan yang bisa dihasilkan dari sabut kelapa

Membuat Briket dengan mesin

Manfaat Akar Kelapa Untuk Kesehatan dan Kehidupan Sehari-hari